[Random Post] My Year 2017 in Books & Books I Gave 5 Stars


Halo!

Sebetulnya agak terlambat sih, membuat posting-an ini. Seharusnya ini di-posting akhir tahun 2017. Sekarang sudah pertengahan bulan Januari 2018. Habis, mau bagaimana lagi. Baru selo sekarang, sih. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kan.

Jadi, berikut adalah daftar perkembangan bacaan saya selama tahun 2017 yang sudah dirangkum oleh Goodreads.





Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya (2016), tahun 2017 hanya sedikiiiit lebih baik. Hanya bertambah satu buku. Namun, rerata halaman yang dibaca untuk tahun ini lebih sedikit daripada tahun sebelumnya. Sepertinya tahun lalu saya banyak membaca buku tebal. Perbedaannya tidak banyak. Jadi, sepertinya memang seperti inilah kecepatan membaca saya dalam satu tahun.

Dari seluruh buku yang saya baca, ada 5 buku yang saya beri lima bintang penuh. Berikut adalah daftarnya:

1. The Battle of the Labyrinth by Rick Riordan
Ini adalah buku keempat dari seri Percy Jackson and the Olympians. Saya sangat menyukai pertarungannya yang epik. Karakternya juga semakin berkembang. Karena itulah saya memberi nilai tinggi pada buku ini. (review link).

2. Memori by Windry Ramadhina
Aahh, buku ini manis sekali. Itulah kesan yang saya dapat setelah menyelesaikannya. Hal yang paling saya sukai adalah interaksi antara Mahoni dan adik tirinya. Selain itu, dalam buku ini juga dijabarkan nama-nama pohon berkayu khas Indonesia. Sebagai orang yang mempelajarinya, saya senang kayu-kayu khas Indonesia diperkenalkan secara luas dalam fiksi. (review link).

3. The Mark of Athena by Rick Riordan
Seperti biasa, bagian yang saya sukai adalah adegan bertarung lagi. Dalam 'dunia' Percy ini entah mengapa adegan pertarungannya menurut saya selalu unik. Terutama dalam buku ini, adegan pertarungan antara Percy dan kawan-kawan melawan Chrysaor membuat saya tertawa terbahak-bahak. Padahal para tokoh sedang mempertahankan diri mati-matian. Hahahahaa... (review link).

4. Misteri Patung Garam by Ruwi Meita
Setelah membaca buku ini, karya-karya Kak Ruwi Meita jadi masuk dalam daftar auto-buy saya. Kisah misteri-thriller Indonesia ini diramu apik oleh Kak Ruwi menjadi kisah yang ngeri-ngeri asyik. Pokoknya nggak bisa berhenti baca kalau belum selesai. (review link).

5. A Crown of Wishes by Roshani Chokshi
Saya sangat menyukai mitologi India yang menjadi latar belakang cerita ini. Ditambah dua tokoh utama yang sudah merupakan favorit saya ketika saya membacanya pertama kali dalam A Star-Touched Queen. Hubungan Gauri-Vikram bikin gemes. Suka! (review link).

---
Saya juga tidak terlalu 'ngoyo' atau memaksakan diri memenuhi target. Malah saya menurunkan target ketika sudah mencapai akhir tahun karena jumlah bacaan saya tidak mencapai target. Hahahaa... Sepertinya saya termakan gengsi agar tantangan baca saya tercapai.

Melihat perkembangan dua tahun belakangan ini, maka saya memasang target yang sama untuk tahun 2018. Bagi saya, membaca adalah hobi, jadi tidak perlu merasa terbebani dengan target. Yang penting, enjoy saja...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar